Semester Baru

Halo, assalamualaikum wr wb. Janji saya untuk ngisi blog ini selama liburan nggak ditepati. Nggak sedikit pun punya ide untuk nulis apa. Jadi, saya ngisi liburan dengan baca buku. Ada beberapa buku yang saya selesaikan selama liburan. The Geography of Bliss – Eric Weiner. Notes From  Qatar 1 & 2 – Muhammad Assad. Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon – Raditya Dika. Kalau buku si Radit itu saya mocal minjam, soalnya merasa rugi ngeluarin duit untuk beli buku dia. Walaupun bukunya berhasil buat saya ngakak, tapi tetap aja merasa rugi kalau beli bukunya itu. Harga satu bukunya itu kan 30-40rban, berat aja gitu ngeluarin uang segitu untuk buku dia. Haha. Ok, kelima buku itu saya rekomendasikan untuk kamu. Notes From Qatar itu asyik, jenis bukunya, buku motivasi, isinya tentang berbagai hal, ada motivasi, cerita-cerita inspiratif, kepemudaan dll. Menariknya, disetiap bahasannya itu ada disisipi ayat Al-quran dan hadis, tapi penjabarannya pakai bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Lalu, The Geography of Bliss, semacam memoar. Ceritanya tentang seseorang yang keliling dunia, untuk mencari tempat yang paling membahagiakan di bumi ini. Asyiknya kita dapat macam-macam fakta menarik tentang beberapa negara, kayak Islandia, Swiss, Qatar, Bhutan, Belanda, Thailand, UK, US, dsb. Salah satunya ya, ternyata Islandia itu termasuk negara yang paling bahagia di muka bumi ini menurut salah satu penelitian di Belanda (bagaimana mengukur kebahagian itu, baca deh bukunya). Padahal, selama ini sepertinya yang “surga dunia” itu tempat-tempat tropis, pantai berpasir halus, dengan matahari yg bersinar, tapi kok bisa tempat sedingin Islandia menjadi negara yang paling bahagia, dan malahan disana untuk nampak matahari saya sulit. Alasannya, liat di bukunya. (Lah, saya kok jadi malah promosi disini).
Ok, liburan sudah usai. Kembali ke rutinitas, yaitu kuliah. Gimana mengawali semester baru ini? Ya, semangat saya masih kembang-kempis. Padahal seharusnya kalau mulai semester baru semangat membara, ini ntah kenapa nggak. Dan lagi seharusnya saya bisa lebih antusias di semester ini, karena banyak jalan-jalannya. Hehe. Satu, acara Pekan Penghijauan (PP) Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau (insyaAllah tahun ini tahun ke-24), biasanya ini camping. Tahun kemarin saya sudah ikut, dan jadi nagih. Selanjutnya, jalan-jalan ke kebun binatang, untuk Praktikum Kerja Lapangan (PKL) mata kuliah Sistematika Vertebrata. Nah, karena kondisi kebun binatang di Riau tidak memungkinkan (jumlah binatang sedikit), jadi biasanya PKL nya bakal ke luar kota. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, nah sambil PKL, biasanya ada juga acara rekreasinya. Hehe.
Hari ini pertama kali sama memulai semester 4. Pagi tadi, seharusnya ada jadwal Profesi Kependidikan, tapi karena dosennya di hubungi nggak ngangkat, ya jadi masuk. Siangnya, jadwal awal Perkembangan Hewan, eh nggak tahunya ganti, jadi Sistematika Vertebrata. Tapi tadi cuma kontrak kuliah, sambil dosennya ngasih wejangan tentang mata kuliah dia, juga tentang bagaimana kami ini (mahasiswa calon pendidik) bisa benar-benar menunjukan sebagai calon pendidik. Pendidik itu tugasnya mencerdaskan kehidupan bangsa. Jadi nggak bisa sembarangan, katanya harus benar-benar ikhlas, kalau kuliah di Fakultas KIP, hanya untuk sekedar kuliah, ya lebih baik nggak usah kuliah. Jadi begini, kan banyak yang bilang sekarang pendidikan di Indonesia masih kurang bagus, salah satu faktornya itu ya faktor pendidiknya itu. Pendidik/guru banyak yang masih kurang berkomitmen dan memahami sungguh-sungguh tentang profesinya. Pendidik itu bukan sekedar mentransfer ilmu dari dirinya ke murid. (Penjelasannya tentang ini bisa sampai beberapa SKS, dari yg sudah-sudah ada mata kuliah Pengantar Pendidikan; Belajar & Pembelajaran dsb yang menjelaskan tentang ini). Nah, untuk itu kami diharapkan harus benar-benar memikirkan, menyadari, memahami, menghayati (halah banyak benar) kalau kami ini adalah calon seorang pendidik. Disini saya ada termotivasi, apalagi beliau menyampaikannya dengan enerjik dan jelas, rasanya energi positif dari beliau sampai ke saya. Semoga saya bisa memikirkan, menyadari, memahami, dan menghayati kalau saya ini bakal jadi seorang pendidik. Ya, semoga.
Dan ada kata-kata beliau yang saya pikir sangat penting: “Sebagai mahasiswa, pengenyam pendidikan tinggi, seharusnya anda harus sudah berpikir untuk setiap harinya itu, menghasilkan produk. Produknya bisa apa saja, baik yang menunjang perkuliahan, seperti buat tugas, ringkasan dsb.”. Ya, setiap hari, saya sangat setuju ini, dan saya merasakan juga. Saya sekarang sudah mahasiswa, tapi sudah seberapa produktif saya? Padahal seharusnya setiap hari, malah kita dituntut menghasilkan produk. Kuliah terlihat kejam, tapi kehidupan kerja, yang mana merupakan kehidupan yang sebenarnya malah lebih kejam, bung. Ok, ini juga saya berusaha untuk menjalankannya. “Setiap hari, harus menghasilkan produk!”.
Ok, dari hal-hal tersebut ada juga hal yang menganjal di diri saya sekarang. Begini, sifat saya dasarnya kurang PD (percaya diri). Kadang saya bisa mikir positif, kurang PD nggak papa sekarang, mungkin memang belum belajar aja, makanya berusaha terus untuk percaya diri. Tapi kadang, sifat ini menganggu juga. Sifat ini bisa membatasi saya untuk melakukan sesuatu. Jadi gini, udah ada beberapa teman saya yang ngajak untuk ngajar, yang pertama ngajar di bimbel, ngajar anak SMP, dan ada juga ngajar anak SMA yang mau ikut olimpiade. Nah, ajakan itu saya tolak, dengan alasan ‘susah menyempatkan waktu, soalnya kuliah padat’. Padahal alasan sesungguhnya saya belum berani untuk ngajar anak orang, kurang PD aja nanti kalau salah materi yang disampaikan, bisa-bisa sesat anak yang diajar itu. Haha. Nah, padahal mencoba ngajar mulai dari sekarang bisa jadi kesempatan bagus untuk belajar bagaimana ngajar, biar nggak janggung di selanjutnya, tapi kesempatan itu malah terhambat karena kurang percaya diri tadi. Ini sudah saya konsultasikan dengan penasihat akademis saya, dia menasihati begini, “Kalau dilihat dari prestasi akademis kamu, ini termasuk bagus, jadi berarti kamu bukan tidak percaya diri, tapi mungkin kamu meragukan kemampuanmu. Tapi, meragukan kemampuan itu bisa jadi senjatamu. Maksudnya, dengan kamu meragukan itu berarti kamu punya standar tertentu, yang mungkin diatas rata-rata orang, jadi kamu terus belajar untuk mencapai standar itu.”. Ya, mungkin, jadi intinya saya tetap harus belajar dan saya pikir memang nanti ada waktunya.
Oklah, sampai disini aja cerita-ceritanya. Saya juga mau mengucapkan “Selamat Menempuh Semester Baru” kepada mahasiswa/mahasiswi di seluruh Indonesia. Hehe.

1 celotehan:

Kompetisi WEB Kompas MuDA said...

selamat menempuh semester baru :)

Post a Comment